6 Tips Aman dari Maling Motor Untuk Mahasiswa Unram

Baik temen-temen, postingan ini lahir karena banyaknya kehilangan motor dikalangan mahasiswa, termasuk salah satu teman saya yang 2 kali kehilangan dan beberapa status facebook yang pernah saya lihat, salahsatunya:

Status Facebook diatas sepengetahuan saya berasal dari salah satu mahasiswa POLTEKES Mataram. Ada juga kabar yang pernah saya dengar mengenai sering sekali ada kasus kehilangan motor mahasiswa di GKB/TPB Universitas Mataram. Inilah alasan saya membuat postingan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Langsung saja inilah 7 tips sederhananya:

1.      Kunci Stang Ke Kanan
Kebiasaan kita mengunci stang (leher) motor biasanya ke kiri, padahal itu yang membuat si maling leluasa untuk membobol kunci. Dengan mengunci stang (leher) motor ke kanan akan menyulitkan si maling menggunakan alat-alatnya karena terhalangi oleh stang kanan motor.

2.      Gembok
Cara selanjutnya yaitu gunakan gembok, memang cara ini agak ribet, namun efektif untuk menjaga motor temen-temen dari ganasnya si maling. Biasanya kita meng-gembok motor di lubang rem cakram. Namun saran saya jangan di sana, usahakan di tempat yang tak terlihat (cth : rantai motor). Zaman now ini maling tambah pinter, beliau terkadang membawa “cairan perusak” gembok. Cairan tersebut katanya dapat melelehkan gembok.

3.      Parkir di Tempat Yang Strategis, ada 3 yaitu:
  1. Usahakan temen-temen parkir di tempat yang bisa dilihat secara langsung motornya.
  2. Usahakan parkir di tempat yang memiliki CCTV
  3. Usahakan parkir di antara motor-motor Keren. Maksudnya jika temen-temen memiliki motor yang baru atau yang masih bagus, usahakan parkir di antara motor-motor yang lebih bagus atau mahal daripada motornya temen-temen. Hal ini akan membuat si maling akan beralih ke lain hati.
4.      Gunakan Alarm
Salah satu cara yang agak mahal, karena harga Alarm motor yang saya ketahui sekitar 700 ribuan. Namun cara yang sederhana dan tidak berbiaya namun ampuh sebagai pengganti Alarm yaitu gunakan kertas yang di selipkan di Tombol Klakson motor temen-temen.

5.      Parkir Dengan Standar Dua
Memarkir dengan standar dua ternyata mampu meribetkan aksi si maling, dengan syarat didepan motor temen-temen terdapat tembok, sehingga si maling akan cendrung untuk memilih yang lebih mudah ia curi.

6.      Doa
Cara yang terakhir adalah berdoa, doa adalah segala-segalanya, tanpa doa saya yakin 5 cara di atas tidak akan mempan.


Semoga bermanfaat.

Salam, Mahasiswa Sederhana




Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "6 Tips Aman dari Maling Motor Untuk Mahasiswa Unram"

Terima Kasih telah berkomentar, jadilah komentator terbaik!